10 Daftar Tempat Wisata Populer di Pekanbaru

Tempat Wisata Populer di Pekanbaru - Pekanbaru, ibu kota Provinsi Riau sekaligus kota terbesar di daerah ini, memiliki banyak tempat wisata menarik untuk dikunjungi. Popularitas pariwisata di Pekanbaru sedang meningkat, menarik perhatian banyak orang.

Pekanbaru memiliki kekayaan wisata budaya, sejarah, kuliner, dan masjid. Di bumi Lancang Kuning, iklim bisnis berkembang dengan baik. Simbol-simbol Melayu tampak jelas di pusat kota dan beberapa daerah pesisir.

Kota ini menawarkan banyak destinasi wisata yang tidak hanya menyuguhkan keindahan alam setempat, tetapi juga banyak spot-spot latar belakang yang instagramable. Jika Anda berencana untuk explore wisata populer di Pekanbaru, berikut adalah beberapa rekomendasi tempat wisata populer di Pekanbaru yang bisa Anda kunjungi:

10 Tempat Wisata Populer di Pekanbaru

Taman Rekreasi Alam Mayang

Pertama, tempat wisata populer di Pekanbaru yang pertama direkomendasikan adalah Taman Rekreasi Alam Mayang. Tempat ini menawarkan beragam aktivitas wisata, seperti flying fox, banana boat, safari train, sepeda air, dan lain-lain.

Selain banyaknya kegiatan wisata, Taman Alam Mayang juga memiliki spot-spot yang instagramable, menjadikannya lokasi yang sempurna untuk hunting foto keren. Tempat ini terletak di Jalan H. Imam Munandar, Taman Alam Mayang, Tengkerang Timur, Tenayan Raya, Kota Pekanbaru.

Danau Buatan Kayangan

Danau Buatan Kayangan terletak di Kecamatan Rumbai, sekitar 45 menit dari pusat kota Pekanbaru. Tempat wisata ini pernah digunakan sebagai lokasi cabang olahraga dayung pada Pekan Olahraga Nasional (PON). Di sekitar danau, terdapat beberapa spot menarik seperti taman bunga, tribun pengunjung, dan panggung hiburan, menjadikannya alternatif populer bagi warga Pekanbaru yang ingin menikmati wisata alam, terutama saat hari libur.

Untuk masuk melalui pintu utama, pengunjung dikenakan tiket wisata sebesar Rp 10-15 ribu per orang, belum termasuk biaya parkir. Namun, ada juga pintu masuk gratis di sekitar danau, di mana pengunjung hanya perlu membayar parkir. Di kawasan danau ini, pengunjung bisa berfoto, membuat konten video, bersantai, mencoba sepeda air, dan menikmati hiburan akhir pekan. Alamatnya di Lembah Sari, Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru, Riau.

Asia Heritage

Asia Heritage adalah tempat wisata di Pekanbaru yang menawarkan pengalaman berwisata dengan tema negara-negara Asia seperti Jepang, Korea Selatan, Tiongkok, hingga Indonesia. Di dalamnya terdapat miniatur kota seperti Jeju, Chinatown, Little Kyoto, dan lainnya. Tempat ini luas dengan daya tarik utama berupa bangunan yang mirip dengan aslinya.

Bagi yang belum sempat bepergian ke luar negeri, Asia Heritage menjadi alternatif untuk menjelajahi berbagai negara Asia. Di sini juga tersedia penyewaan kimono dan hanbok yang bisa digunakan saat berjalan-jalan di area wisata. Lokasi: Jalan Yos Sudarso Nomor Kilometer 12, Kelurahan Muara Fajar, Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru, Riau.

Hutan Kota Pekanbaru

Di tengah panasnya kota Pekanbaru, terdapat tempat wisata berupa hutan rimbun yang berlokasi di Jalan Diponegoro. Hutan ini dilengkapi dengan jalur trekking untuk olahraga, parit-parit indah, dan beberapa spot gazebo untuk beristirahat. Anda bisa mengunjungi hutan kota ini pada siang hari saat cuaca terik.

Masuk ke kawasan wisata ini gratis tanpa tiket masuk. Sehingga anda bisa berfoto, bersantai, atau berolahraga jogging di sore hari. Alamat: Jl. Diponegoro, Suka Mulia, Kec. Sail, Kota Pekanbaru, Riau.

Perpustakaan Soeman HS

Perpustakaan Soeman HS memiliki arsitektur unik berbentuk buku terbuka dengan bangunan mewah dan fasilitas lengkap. Area perpustakaan yang juga menjadi kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau ini dilengkapi ruang anak, bilik Tenas Effendy, Bilik Melayu, ruang diskusi. Serta aula pertemuan, ruang seminar, ruang Ismail Suko, koleksi ribuan buku, fasilitas lift, kafe, musala, parkir luas, dan taman.

Perpustakaan ini sering dikunjungi pelajar, mahasiswa, guru, dan masyarakat umum yang datang untuk berfoto. Fasilitas seperti AC, wifi, dan spot-spot yang menyimbolkan budaya Riau dapat dinikmati di sini. Perpustakaan buka setiap hari hingga pukul 3 petang, dan hingga pukul 12 siang pada hari Sabtu dan Ahad. Alamat: Jl. Jend. Sudirman No.462, Jadirejo, Kec. Sukajadi, Kota Pekanbaru, Riau.

Kawah Biru

Kawah Biru Pekanbaru adalah salah satu destinasi wisata di Pekanbaru yang menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dengan warna biru dan putih yang mendominasi. Area kawah ini memiliki kolam berwarna biru yang terbentuk dari bekas galian PT PLN yang menemukan banyak pasir putih di area tersebut.

Awalnya, kawah ini terbentuk karena kegiatan penggalian, dan lekukan yang terbentuk kemudian terisi oleh air hujan. Warna biru pada air kolam disebabkan oleh campuran pasir putih dan kapur yang ada di dalamnya. Lokasi Kawah Biru Pekanbaru berada di Jalan Karya Labersa, Tanah Merah, Kec. Siak Hulu, Kab. Kampar, Riau.

Rainbow Hills Rumbai

Rainbow Hills Rumbai adalah tempat wisata di Pekanbaru yang keindahannya tidak kalah dengan Kawah Biru. Destinasi ini juga di kenal dengan nama Bukit Pelangi karena tampilannya yang menyerupai pelangi dengan warna-warna yang beragam, seperti merah muda, biru, dan putih.

Banyak orang datang ke sini untuk melakukan pemotretan, mulai dari foto pribadi hingga sesi pre-wedding. Lokasi Rainbow Hills Rumbai terletak di Jalan Kemping, Kelurahan Lembah Sari, Kecamatan Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru, Riau.

Kompleks Bandar Serai Purna MTQ

Kawasan taman mini ini menampilkan berbagai miniatur rumah adat dari seluruh kabupaten di Riau. Lokasinya berada di sepanjang Jalan Sudirman, sebelah kiri dari arah bandara. Di Bandar Serai Purna MTQ ini juga terdapat Gedung Idrus Tintin, sebuah bangunan seni yang terkenal di mana sering di gunakan untuk pertunjukan acara seni budaya.

Pada akhir pekan, pengunjung dapat menikmati pemutaran film budaya, pertunjukan tarian daerah, dan berbagai festival yang di adakan di kawasan budaya ini. Bagi pengunjung yang hanya ingin berfoto di kompleks Bandar Serai, masuknya gratis. Tiket di perlukan hanya jika Anda ingin menyaksikan pertunjukan di dalam gedung Idrus Tintin.

Bukit Kapur Air Hitam

Selanjutnya, dikenal dengan nama yang unik, tempat wisata ini menjadi salah satu spot favorit di kunjungi oleh anak muda di Pekanbaru. Keunikan tempat ini terletak pada bukit kapur yang tingginya menjulang, dengan warna yang berpadu antara krem, putih, dan hitam.

Kombinasi warna yang menarik ini menciptakan latar belakang yang populer untuk foto-foto. Sehingga menjadi menarik dan kekinian. Lokasi bukit ini berada di Jalan Syamsul Bahri, Kelurahan Air Hitam, Kecamatan Payung Sekaki, Kota Pekanbaru, Riau.

Pantai Cinta Teluk Jering

Terakhir, juga menjadi salah satu destinasi wisata yang sedang populer di Pekanbaru adalah Pantai Cinta di Teluk Jering. Meskipun di sebut sebagai pantai, sebenarnya tempat ini adalah sungai yang terletak di Desa Teluk Jering. Keunikan tempat ini terletak pada pasir putih yang mirip dengan pantai pada umumnya, serta hamparan rumput hijau yang luas yang menambah kesegaran pemandangan dan udara di sekitarnya.

Selain menikmati keindahan alamnya, pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas wisata, seperti permainan olahraga air seperti banana boat. Pantai Cinta terletak di Teluk Kenidai, Tambang, Tlk. Kenidai, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Riau.

Comments